NAMA : RINA IRIANTY

NPM        : 13209739

 

KEDUDUKAN KOPERASI DALAM MASYARAKAT DAN DEFINISI KOPERASI

Koperasi adalah Cooperation (Bhs. Inggris) atau cooperatif yang berarti kerjasama, Economic Cooperation berarti kerjasama di bidang ekonomi. Arti kerjasama di sini adalah kerja bersama-sama dengan lain orang, untuk mencapai tujuan.

Sedang koperasi Indonesia adalah organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang, atau badan-badan hukum koperasi yang merupakan tata-susunan ekonomi sebagai usaha bersama berdasarkan atas azas kekeluargaan.

Koperasi menurut UU No. 12/1967 adalah kumpulan orang-orang dan bukan kumpulan modal. Ini berarti bahwa koperasi Indonesia harus  benar-benar mengabdikan diri pada perikemanusian, bukannya pada kebendaan.

Koperasi merupakan wadah kerja-sama berdasarkan persamaan derajat dengan demikian seharusnya merupakan wadah demokrasi ekonomi dan sosial, dan ini dinyatakan bahwa hak tertinggi dalam koperasi terletak pada Rapat Anggota.

Macam-macam Koperasi

Tercatat dalam sejarah pertumbuhan koperasi, bahwa pada permulaan perkembangannya terdapat tiga macam jenis koperasi yang pokok, yakni Koperasi Konsumsi, Koperasi Produksi, dan Koperasi Kredit. Dan kemudian diikuti oleh Koperasi Jasa, seperti Jasa angkutan, asuransi dan lain sebagainya. Koperasi Konsumsi hidup subur di Inggris. Koperasi Produksi di Perancis dan Denmark, sedangkan Koperasi Kredit di Jerman.

Meskipun pada mulanya terdapat tiga jenis Koperasi seperti disebutkan di atas, tetapi karena perkembangan kebutuhan akan jasa-jasa koperasi dari para anggotanya, maka Koperasi-koperasi tersebut sebagian memperluas usahanya dengan usaha-usaha baru, sehingga koperasi-koperasi tersebut berusaha menjadi Koperasi Serba Usaha yang tumbuh dalam masyarakat.

 

Tentang rinaa26

saya adalah mahasiswi di sebuah universitas swasta yg terletak di jakarta, saya orang nya pinter bergaul.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s