Program Kementrian Koperasi

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Indonesia

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (dahulu Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, disingkat Kemenegkop dan UKM) adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan koperasi dan usaha kecil dan menengah. Kementerian Koperasi dan UKM dipimpin oleh seorang Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Menkop dan UKM) yang sejak tanggal 22 Oktober 2009 dijabat oleh Syarifuddin Hasan.

Tugas pokok dan fungsi

Kementerian Koperasi dan UKM mempunyai tugas membantu Presiden dalam merumuskan kebijakan dan koordinasi di bidang koperasi dan usaha kecil dan menengah, serta menyelenggarakan fungsi :

  • perumusan kebijakan nasional di bidang koperasi dan usaha kecil dan menengah
  • koordinasi pelaksanaan kebijakan di bidang koperasi dan usaha kecil dan menengah
  • pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggungjawabnya
  • pengawasan atas pelaksanaan tugasnya
  • penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden.

Kementerian (bahasa Inggris: Ministry dalam bahasa Indonesia berarti pelayanan) adalah suatu organisasi khusus yang bertanggung jawab untuk sebuah bidang administrasi umum pemerintahan. Kementerian dipimpin oleh seorang menteri yang dapat memiliki tanggung jawab untuk satu atau lebih dalam menjalankan fungsi dan tugas kementerian, pejabat senior pelayanan publik, badan, biro, komisi, atau badan eksekutif lainnya yang lebih kecil, penasihat, manajerial atau organisasi administratif.

Kementerian biasanya berada dalam suatu kabinet yang dipimpin oleh perdana menteri, presiden, atau kanselir. Suatu pemerintahan biasanya memiliki banyak kementerian, masing-masing menangani urusan pemerintahan tertentu. Kementerian sangat bervariasi antar negara, beberapa yang umum antara lain Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Kesehatan.

Fungsi dan tugas

Menjalankan pemerintahan kekuasaan eksekutif sesuai dengan perundang-undang yang telah ada serta isu-isu telah diputuskan oleh presiden. dalam praktek, pekerjaan di kementerian dilakukan yang masing-masing menyiapkan hal-hal yang yang berkaitan dalam mandat pemberian presiden. Termasuk menjalankan pelayanan administrasi dan berfungsi sebagai penjabat yang termasuk harus mempersiapkan keputusan kebijakan politik pemerintahan sesuai dengan mandat ikut pula mewakili sektor administratif yang relevan baik di dalam negeri serta dalam rangka kerjasama internasional, Fungsi penting lainnya melibatkan kementerian mengarahkan dan mengawasi lembaga dan institusi yang beroperasi di bawah tanggung jawab mereka, dalam hal kementerian harus dapat bekerja dalam kerangka kerjasama yang erat dengan pemerintah daerah dan lokal, seperti otoritas lokal, daerah khusus dengan kerjasama melibatkan pengembangan perundang-undangan dan pelayanan publik. kementerian melakukan pengawasan langsung pada daerah dan administrasi lokal di dalam sektor administratif lingkup tugasnya.

 

 

Kementerian Koordinator Bidang Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, disingkat Kemenko Perekonomian, sebelumnya bernama “Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri”, adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian. Kemenko Perekonomian dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) yang sejak tanggal 22 Oktober 2009 dijabat oleh Hatta Rajasa.

Fungsi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

  1. Mengkoordinasikan para menteri negara dan pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian dalam keterpaduan pelaksanaan tugas di bidang perekonomian, termasuk pemecahan permasalahan dalam pelaksanaan tugas
  2. Pengkoordinasian dan peningkatan keterpaduan dalam penyiapan dan perumusan kebijakan pemerintah, penyusunan rencana, program dan kegiatan kementerian dan lembaga pemerintah nonkementerian di bidang perekonomian;
  3. Penyampaian laporan hasil evaluasi, saran, dan pertimbangan di bidang tugas dan fungsinya kepada Presiden

Kementerian Koperasi dan UKM menawarkan module bantuan modal usaha kepada para sarjana yang ingin menjadi wiraswasta. Ini bertujuan untuk melahirkan wiraswasta baru dan menciptakan lapangan kerja. Cari modal usaha, harus kreatif karena banyak sekali kredit modal usaha tanpa jaminan yang ditawarkan pemerintah dalam pengembangan usaha rakyat. Bahkan kredit usaha rakyat (KUR) 2010 menjadi twenty juta saat ini.

Menteri Koperasi dan UKM Syarifuddin Hasan mengibaratkan pemberian kredit modal usaha ini kepada sarjana merupakan stimulan. Ibaratnya pemerintah memberikan bantuan bahan bakar kepada para sarjana yang sudah memiliki mobil. Bantuan bahan bakar itu cukup untuk mencapai pompa bensin selanjutnya.

Pola pikir sarjana joke sebaiknya harus diubah dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja. Karena itu, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM menyiapkan dana Rp 200 miliar untuk modal usaha para sarjana.Persyaratannya mudah. Sarjana cukup menjadikan ijazahnya sebagai agunan, kemudian kami melakukan studi kelayakan. Kalau hasil studi menyatakan layak, sarjana itu berhak menerima bantuan modal usaha.

 

Menurut Menteri Koperasi dan UKM, tidak ada batasan jumlah sarjana yang akan menerima bantuan modal usaha. Jangka waktu pengembalian kredit modal usaha tergantung pada kemampuan para sarjana.

Besarnya nilai kredit modal usaha bermacam-macam, tergantung jenis usaha yang akan dijalankan. Sementara besarnya bunga kredit cukup ringan, yaitu 6 sampai 8 persen per tahun.

Saat ini koperasi masih menghadapi tiga kendala, yaitu permodalan, rendahnya kualitas produk, dan lemahnya pemasaran. Di sisi lain, koperasi harus mampu menjadi pelayan ekonomi rakyat dan menguasai aset-aset ekonomi rakyat. Koperasi harus mandiri tanpa ketergantungan kepada pemerintah.

Mudah-mudahan dengan adanya bantuan modal usaha oleh Kementrian Koperasi & UKM ini akan semakin memudahkan calon wiraswasta dalam memulai bisnisnya.

 

 

Sosialisasi Program LPDB Kementerian Koperasi dan UMKM

Kementerian Koperasi dan UMKM dan Pusat Inovasi UMKM (PIUMKM) menyelenggarakan pertemuan untuk mensosialisasikan Lembaga Pengelola Dana Bergulir  Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB – KUMKM) yang di bentuk oleh Kementerian Koperasi dan UMKM.

Acara pertemuan diskusi ini diawali dengan pembukaan oleh Asril Fitri Syamas,  Ketua Asosiasi Inkubator Bisnis Indonesia (AIBI). Kemudian pembukaan dilanjutkan Ir. I Wayan Dipta, MSc, Deputi Pengkajian Sumberdaya UMKM – Kementerian Koperasi dan UMKM. Beliau menjelaskan bahwa Indonesia lambat laun akan menjadi pasar yang terbuka dengan adanya CAFTA dan beberapa agreement lain untuk keterbukaan pasar, oleh karenanya UMKM indonesia harus berdaya saing dan lebih independent.

Acara dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Dr. Derry Pantjadarma, Direktur PPKDT BPPT  dan sambutan oleh Fajar Setiawan, Direktur Utama LPDB. Fajar menjelaskan garis besar tujuan didirikan LPDB yaitu untuk pembiayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) antara lain berupa pinjaman dan bentuk pembiayaan lainnya yang sesuai dengan ketetapan-ketetapan yang berlaku dalam LPBD-KUMKM.

Selain BIC, para undangan yang hadir antara lain adalah para pelaku UMKM, inkubator bisnis dan mitra-mitra dari PI-UMKM.  Dengan adanya program ini diharapkan banyak membantu perkembangan industri khususnya bagi Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (KUMKM) agar lebih berdaya saing untuk keterbukaan pasar dan lebih mandiri.

 

Tentang rinaa26

saya adalah mahasiswi di sebuah universitas swasta yg terletak di jakarta, saya orang nya pinter bergaul.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Program Kementrian Koperasi

  1. maksudi berkata:

    seumur hidup sya yg punya keahlian auto didak baik electronic mekanik dengan julukan habibie belum pernah tersentuh dan tau akan program pemerintah apalagi program sby stau saya beliau mengurus pembangunan dan korupsi .02270400108

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s