Software Pemudah Penanganan E-mail

Melanjutkan seri tulisan Internet basic, masih seputar mengenai E-mail yang sudah menjadi gaya hidup di dunia Internet, telah dibahas juga mengenai spam dan penyedia jasa layanan e-mail yang paling populer. Tulisan kali ini mengenai software yang bisa kita pakai untuk penanganan e-mail menjadi lebih mudah dan menyenangkan, istilahnya Free E-mail Client. Email yang biasa kita akses lewat webmail pakai browser kita, bisa kita akses lewat software email client seperti akan ditampilkan dibawah.

Siapa yang memerlukan software penanganan email ini?

Bagi mereka yang mempergunakan koneksi Internet pribadi di rumah yang sifatnya time base bukan unlimited access akan sangat memerlukan software penanganan email ini, selain itu juga orang/individu yang mempunyai intensitas penggunaan e-mail yang sangat tinggi misalnya mempunyai relasi atau client yang lumayan banyak yang sering berinteraksi menggunakan e-mail, bisa juga orang yang mempunyai beberapa akun e-mail baik yang free maupun berbayar. Juga orang yang menginginkan kepraktisan dan kemudahan dalam manajemen penanganan e-mail akan memerlukan software ini.

Kelebihan Menggunakan Software Penanganan E-mail

  • Waktu yang dipakai untuk untuk aktifitas penanganan e-mail (loading,baca,hapus,kirim, simpan dll) menjadi lebih efisien.
  • Bisa di lihat/dibaca ketika kita sedang tidak online (Koneksi internet terputus).
  • Mendukung tampilan/theme/background surat yang menarik.
  • Mendukung Fasilitas auto check Email terbaru, sehingga kita mendapatkan pemberitahuan jika kita mendapatkan email baru (tentunya ketika kita sedang online)

Kelemahan Software

  • Hanya mendukung layanan e-mail yang sudah support POP3/SMTP juga IMAP seperti layanan e-mail dari googlemail/gmail untuk yahoo fasilitas POP3/SMTP hanya tersedia bagi yang “paid account” tidak tersedia untuk “Free Account”
  • Akan lebih nyaman kalau komputer yang ter-install software penanganan e-mail ini merupakan komputer yang sifatnya personal bukan komputer publik seperti di warnet atau yang dipakai bersama-sama

Free Software Email Client

Program penanganan email/email client yang pernah saya coba diantaranya :
1. Incredimail.com

incredimail

Untuk mendapatkan Free software ini bisa dua cara, langsung download dari website incredimail.com (Pre Installer sebesar 619 kb) atau download versi penuhnya melalui download.cnet.com.
Saya mencoba pre installernya,setelah kita jalankan harus terkoneksi internet untuk proses instalasi langsung selanjutnya

dl-instal-idm

Setelah setelah Donwload, kita ikuti proses instalasi selanjutnya dengan memasukkan isian beberapa form yang tersedia, setelah semuanya kita ikuti, termasuk setting username dan password email kita, saya mencoba akun gmail.com saya. Sebelumnya Akun Gmail kita, harus di seting sedikit untuk mendukung POP3 dan SMTP agar bisa terkoneksi dengan incredimail/email client yang lain :

1. Klik gmail.com, kemudian masukkan username dan password pada form, login

gmail_01

2. Klik Setting, yang ditandai warna merah

gmail_02

3.  klik  ‘Forwarding and POP’ (warna  merah), pilih   ‘Enable POP for all mail’ option (warna biru), kemudiak klik  ‘Save Changes’ (warna hijau)  kemudian tutup jendela browser anda.

gmail_03

4. Akun gmail telah siap dikeneksikan dengan incredimail

inst-incredi-6

Asyiknya menggunakan software ini adalah disaat kita bekerja di jendela yang lain, dalam kondisi incredimail aktif di tray bar, maka jika ada email baru, kita akan mendapatkan pemberitahuan “seorang pelayan incredimail” ke layar desktop kita

serve

2. Mozilla Thunderbird 2.0.0.21
tundherbird

Anda bisa download Free Sotware Mozilla Thunderbird disini, Programnya full sebesar 6,61 MB Release 2.0.0.21
Proses Instalasinya cukup mudah, terutama dukungan untuk email dari gmail.com, sangat mudah

instalasi-thunderbird

Dibawah ini beberapa software email client yang belum saya coba, mungkin rekan-rekan berniat mencobanya :)

3. Eudora E-mail Client
eudora-mail
4. Pegasus Mail

pegasus

Jika kita menggunakan e-mail hosting yang berbayar biasanya setting POP3 dan SMTP nya sudah diberikan cara setting dan alamatpop3 dan smtpnya lewat email, jika belum ada bisa contact technical support dari masing-masing penyedia jasa hosting tempat kita berlangganan.
Biasanya setting untuk pop3 nya seperti berikut :
pop3.namadomainanda.com | smtp.namadomainanda.com tetapi bisa juga
pop3 : mail.namadomainanda.com
smtp : mail.namadomainanda.com

Anda bisa melakukan setting manual/advance setting

setting-mailserver

next internet basic…Messenger/Chatting

Tentang rinaa26

saya adalah mahasiswi di sebuah universitas swasta yg terletak di jakarta, saya orang nya pinter bergaul.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s