JURNAL 1

Nama: Rina Irianty

 

Kelas: 3EA13

 

NPM: 13209739

 

 

MANAJEMEN PELAYANAN

SUPERMARKET GIANT HYPERMARKET DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA KONSUMEN

(STUDI KASUS: GIANT HYPERMARKET

JL. Raya Bekasi KM.26 Ujung Menteng, Cakung

Jakarta-Timur)

 

ANALISIS JURNAL

  • JUDUL

 

MANAJEMEN PELAYANAN ATAS KONSUMEN

 

  • PENGARANG

“Budi Haryono,1971”

 

  • TEMA:

Pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan kepada konsumen.

  • LATAR BELAKANG

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pelayanan Giant Hypermarket. Berdasarkan pembahasan yang di lakukan, maka kesimpulan yang di peroleh adalah konsumen menyatakan setuju terhadap pelayanan yang diterapkan pada Giant Hypermarket.

  • MASALAH & TUJUAN

Masalah:

Pasar Swalayan masih belum mencapai taraf berbelanja seperti Pasar Swalayan yang ada di luar negeri sehingga dari tahun ke tahun pasar swalayan ada yang tutup dan ada yang menjadi korban kerusuhan, dan juga ada yang di pindahkan sehingga personil administratif dan karyawan Super Market ini hanya berjumlah 16 orang.

Tujuan:

1.   Ketika konsumen masuk ke dalam toko yang serba ada, pembeli boleh memilih sesuka hati.

2.   Karena setiap jenis barang yang dijajakan sudah tertempel dengan lebel harga pas dan relatif murah.

3.   Cara ini bisa banyak menghemat tenaga kerja karena tidak perlu tawar menawar lagi dengan pembeli.

4.   Semua barang sudah terpajang di atas rak-rak, konsumen tinggal pilih sendiri, setelah pembeli puas dan mendapatkan barang-barang yang diinginkan sesuai selera, baru membayar pada saat dia keluar pintu kasir. Pola dagang eceran untuk jenis makanan semacam ini baru pertama kali di indonesia pada waktu itu.

  • METODOLOGI

1. Analisis deskriptif dan atau tabulasi dengan melalui tabel-tabel, grafik, dan diagram, seperti data-data dari BPS, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Departemen Pertanian, serta dinas-dinas terkait.

2. Analisis kuantitatif meliputi metode penentuan kawasan adalah: Location Quotient (LQ), Analisis Shift-share, Analisis IO (input-output) dan Analisis IRIO (interregional input-output).

  • PENELITIAN

Pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan kepada konsumen merupakan faktor yang sangat penting dalam mengembangkan perusahaan sekaligus mempertahankan konsumen yang ada. Memang tidak mudah. Namun hal tersebut harus dilakukan perusahaan, baik perusahaan skala kecil, menengah dan perusahaan besar. Jika menghendaki konsumen tetap setia kepada perusahaan untuk jangka panjang. Giant Hypermarket merupakan pasar swalayan yang pertama dalam sejarah indonesia, pasar swalayan tersebut belum pernah ada yang mencoba merintis/mengelolanya. Pendiri pertama Giant Hypermarket adalah M.S Kurnia.

  • HIPOTESIS                                                                                                                       

1.   Di jakarta pelayanan dan produk serta harga di Giant Hypermarket sangat lah baik sedangkan menurut produk yang di pasarkan sudah lulus dalam BPOM dan harga sangat standar sehingga banyak orang kalangan menengah yang tinggal di daerah khusus ibu kota jakarta berbelanja ke Giant Hypermarket.

2.   sedangkan Orang Bekasi menilai Pelayanan serta produk Giant Hypermarket sangat lah ramah dan produk yang di inginkan ada tetapi karena harga yang tidak sesuai dengan pendapat maka banyak orang bekasi berbelanja ke pasar swalayan yang harga dan produk nga kalah bagus dan modern dengan barang Giant Hypermarket.

  • HASIL & ANALISIS

Barang atau produk yang di jual belikan selalu ada pada saat kita butuh dan harga sudah tertempel sehingga tidak ada lagi tawar menawar yang bikin waktu kita terbuang banyak di karnakan harga yang masih belum pasti terhadap produk tersebut. Sedangkan analisis terhadap pelayanan yang di terapkan Giant Hypermarket sangat lah ramah dan karyawan pun di wajibkan agar senyum pada saat pembayaran sehingga pembeli nyaman pada saat berbelanja Giant Hypermarket.

  • REKOMENDASI & IMPLIKASI

Pada saat Ms. Kurnia mendirikan Giant Hypermarket beliau dapat inspirasi dari orang-orang asing yang sering berbelanja ke singapura, walaupun orang asing yang mencapai 80% dari seluruh pelanggan ini kebanyakkan teknisi/staff administrasi yang di utus oleh perusahaan asing untuk melaksanakan dinas luar di indonesia, pada satu sisi, Giant Hypermarket telah memadukan konsep niaga baru dengan konsep perdagangan tradisional yang menyatukan dagangan dan barang-barang klontong dengan makanan jenis daging dalam suatu toko sehingga konsumen masuk ke dalam toko yang serba ada, pembeli boleh memilih dengan leluasa dan memiliki komoditi yang cocok bagi dirinya sesuka hati sehingga Giant Hypermarket  PASAR SWALAYAN yang pertama kali ada di indonesia dan Ms. Kurnia adalah perintis atau pengolah yang pertama mendirikan Giant Hypermarket di indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

Tentang rinaa26

saya adalah mahasiswi di sebuah universitas swasta yg terletak di jakarta, saya orang nya pinter bergaul.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s