JURNAL 2

Nama : Rina Irianty

Npm : 13209739

Kelas : 3EA13

ANALISIS JURNAL

 

  • JUDUL

Pertanian dan keunggulan terhadap pembangunan kawasan jawa barat dalam bidang perekonomian

  • PENGARANG

“Wawan juswanto, 2007”

  • TEMA

“Peranan Sektor Pertanian & Sektor Unggulan Terhadap Pembangunan Kawasan Ekonomi Propinsi Jawa Barat”

  • LATAR BELAKANG

Agro industri sebagai subsistem pertumbuhan yang mempunyai potensi sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi, karena memiliki peluang pasar & nilai tambah yang besar. Pengembangan agroindustri dapat menjadi pintu mask proses transformasi struktur ekonomi dari pertanian ke industri.

  • MASALAH & TUJUAN

Masalah:

Peranan sektor pertanian, selain sebagai sumber penghasil devisa yang besar, juga merupakan sumber kehidupan bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Sektor pertanian juga banyak menyerap tenaga kerja yang pada umumnya adalah tenaga kerja yang tidak terdidik, tidak memiliki keterampilan & pemerataan pendapatan yang tidak merata. Atas kondisi ini sehingga bargaining power yang dimiliki oleh para petani sangat lemah, sehingga nilai jual produk juga sangat berpengaruh terhadap kondisi ini.

Tujuan:

1.   Seberapa besar tingkat kontribusi sektor pertanian dalam perekonimian daerah dan apa yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah untuk mengembangkan daerahnya.

2.   Menganalisis sektor-sektor mana yang dapat memberikan efek multiplier yang besar

3.   Menetapkan subsektor unggulan mana yang potensial untuk dikembangkan di propinsi Jawa Barat

  • METODOLOGI

Ekonomi pertanian merupakan salah satu disiplin ilmu dalam ilmu ekonomi yang menerangkan dan mempelajari masalah-masalah pembangunan pertanian, dan diharapkan dapat memberikan alternatif-alternatif baru baik untuk mengatasi permasalahan ekonomi yang tibul maupun utnutk mewujudkan cita-cita bangsa guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat petani khususnya dan masyarakat Indonesia pada umumnya.

  • PENELITIAN

Menggunakan pendekatan IRIO (Interregional Input-Output) yang merupakan metode pengembangan dari Input-Output Analysis.

1.   Analisis deskriptif dan atau tabulasi dengan melalui tabel-tabel, grafik, dan diagram, seperti data-data dari BPS, Departemen Perindustrian dan Perdagangan, Departemen Pertanian, serta dinas-dinas terkait.

2.   Analisis kuantitatif meliputi metode penentuan kawasan adalah: Location Quotient (LQ), Analisis Shift-share, Analisis IO (input-output) dan Analisis IRIO (interregional input-output).

  • HIPOTESIS

1.   Dede Yusuf  selaku wakil Gubernur Jawa Barat  (2010). Dalam penelitiannya, di Bandung jawa barat beliau mengatakan hasil pertanian harus mempunyai suatupeningkatan setiap tahunnya sehingga bahan baku untuk hasil pertanian dalam negeri dapat lebih baik sehingga importir dari luar dapat berkurang dan harga juga dapat terjangkau di banding  barang dari luar negeri.

2.  Rahmat Hidayat selaku kepala desa Suka Bumi (2009). Dalam penelitiannya, di suka bumi bahwa hasil panen pada tahun ini mengalami penurunan di banding tahun yang lalu di  karnakan harga pupuk yang naik derastis tinggi sehingga hasil pertanian menurun karena  para petani di suka bumi banyak yang mengurangi pemakaian pupuk dan mengeluh masalah harga pupuk yang melonjak tinggi sehingga hasil tersebut menurun dan banyak yang masuk para inportir luar mengirimkan  hasil pertaniannya.

 

 

 

  • HASIL DAN ANALISIS

1.      Tingkat kontribusi margin sektor di Propinsi Jawa Barat adalah sektor industri pengolahan, perdagangan, hotel, dan restoran, dan sektor pertanian (pertanian, peternakan, kehutanan, dan perikanan) yang mempunyai nilai diatas 10% dari total PDRBnya.

2.      Sektor yang memiliki nilai multiplier besar terhadap perekonomian secara nasional sesuai dengan sektor unggulan Propinsi Jawa Barat, yaitu subsektor pertaniannya dan hasil-hasilnya lainnya.

3.      Sektor dan subsektor unggulan Propinsi Jawa Barat berdasarkan analisis IRIO adalah sektor industri pengolahan, sektor bangunan dan sektor perdagangan, hotel & restoran.

  • REKOMENDASI & IMPLIKASI

Pertumbuhan ekonomi, karena memiliki peluang pasar & nilai tambah yang besar sehingga pemerintah harus  dapat memperhatikan para petani dalam memproduksi sayur mayur dan buah-bauhan dan hasil panen lainnya

Tentang rinaa26

saya adalah mahasiswi di sebuah universitas swasta yg terletak di jakarta, saya orang nya pinter bergaul.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s