Langkah-langkah Menyusun Penulisan Ilmiah (PI)

Nama : Rina Irianty
NPM : 13209739
Kelas : 3EA13
TUGAS
Langkah-langkah Menyusun Penulisan Ilmiah (PI)
Penulisan Ilmiah adalah Merupakan karya tulis yang disusun oleh seorang mahasiswa yang telah menyelesaikan kurang lebih 100 sks dengan dibimbing oleh Dosen Pembimbing sebagai salah satu persyaratan untuk mencapai gelar Setara Sarjana Muda.

Tujuan
Tujuan dalam Penulisan Ilmiah adalah melatih mahasiswa agar dapat berpikir secara logis dan ilmiah dalam menguraikan dan membahas suatu permasalahan serta dapat menuangkannya secara sistematis dan terstruktur.
Hal-hal yang dimuat dalam Penulisan Ilmiah adalah sebagai berikut.
1. Judul/Tema
2. Halaman judul, Lembar pengesahan, Abstraksi, Kata pengantar
a. Daftar isi
b. Daftar tabel
c. Daftar gambar
d. Daftar Lampiran
3. Bab I : Pendahuluan
1.1. Latar belakang 1.4. Manfaat penelitian
1.2. Rumusan dan batasan masalah 1.5. Metode penelitian
1.3. Tujuan penelitian 1.6. Agenda penelitian
2. Bab II : Landasan Teori
2.1. Kerangka teori
2.2. Kajian penelitian sejenis
2.3. Alat analisis
3. Bab III : Metode Penelitian ( lihat sub-bab 1.5. Metode Penelitian dari Bab I )
3.1. Objek penelitian
3.2. Data/variabel yang digunakan
3.3. Metode pengumpulan data
3.4. Hipotesis
3.5. Alat analisis yang digunakan
4. Bab IV : Pembahasan
4.1. Data dan profil objek penelitian
4.2. Hasil penelitian dan analisis/pembahasan
4.3. Rangkuman hasil penelitian
5. Bab V : Penutup
5.1. Kesimpulan
5.2. Saran
5.3. Keterbatasan penelitin (Optional)
6. Daftar pustaka, Daftar simbol, Lampiran.

Contoh penulisan :
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Hakekat pembangunan Nasioanal adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh rakyat. Jadi yang ditingkatkan bukan lahirnya saja akan tetapi harus seimbang dengan peningkatan rohanianya dan hal ini ditujukan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Hal ini tersebut diamanahkan dalam Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN) tahun 1988, yang menyatakan “Pembangunan Nasional bertujuan untuk mewujudkan suatu tatanan masyarakat yang adil dan makmur yang merata materil dan spiritual berdasarkan Pancasila”
Dalam pola umum pada Pelita yang sekarang ini prioritas pembangunan dititik beratkan pada bidang sumber daya manusia dengan ekonomi. Salah satu kebijakan itu untuk mencapai tujuan pembangunan tersebut ditujukan melalui pembangunan koperasi. Dalam hal ini koperasi merupakan pembangunan usaha ekonomi rakyat yang berwatak sosial serta merupakan wadah yang sesuai bagi masyarakat untuk berperan secara aktif dalam proses pembangunan usaha ekonomi rakyat yang berwatak sosial serta merupakan wadah yang sesuai bagi masyarakat untuk berperan secara aktif dalam proses pembangunan.
Koperasi saat ini diharapkan mampu memainkan peranannya yang sangat vital dalam keikutsertakannya melaksanakan pembangunan Nasional khususnya dibidang sumber daya manusia dengan ekonomi. Oleh karena itu pemerintah tidak segan-segan menganjurkan masyarakat untuk berkoperasi, membimbingnya menumbuhkan perasaan masyarakat dengan jalan mencanangkan koperasi, serta meningkatkan kemampuannya menuju sumber daya manusia ekonomi yang lebih baik, lebh kuat bagi golongan mayoritas yang ekonominya yang rendah dan selanjutnya dapat berdiri sendiri.
Organisasi koperasi saat ini sangat tengah berkembang keseluruh daerah atau wilayah-wilayah ditanah air kita ini dan telah memasuki berbagai kehidupan masyarakat dengan beraneka ragam jenis dan usahanya, yang berskala kecil, sedang hingga besar. Koperasi teah tumbuh dengan pesatnya dan mampu menhimpun anggota masyarakat untuk menjadi anggota koperasi yang jumlahnya ratusan bahkan ribuan orang dalam suatu organisasi koperasi. Salah satu contoh adalah koperasi Pasar Enjo yang terletak dikawasan Jakarta timur yang merupakan wadah dan wahana organisasi sosial ekonomi yang beranggotakan para pedagang yang berada pada pasar tersebut, terutama bagi mereka yang memiliki toko atau kios dan juga pedagang kaki lima yang dapat dipercaya keberadaannya.
Motivasi para pedagang tersebut berkelompok, hal ini disebabkan adanya kebutuhan yang mendesak untuk segera dipenuhi dalam kehidupan usahanya yang sulit apabila dicapai secara perorangan. Kehadiran koperasi tersebut sangat dibutuhkan, dengan harapan dapat memperbaiki keadaan sosial ekonominya melalui usaha bersama-sama dan saling bantu-membantu.
Keberhasilan suatu koperasi ditunjukkan oleh partisipasi anggota dan peranan kepemimpinan atau pemilik pada kegiatan koperasi tersebut, karena dengan kepemimpinan koperasi yang baik dengan manajemen yang sukses akan mewujudkan cita-cita yang telah direncanakan sebelumnya yang tidak lain diantaranya adalah mensejahterakan para anggotanya.
Dari uraian diatas penulis sangat tertarik untuk mengangkat alasan tersebut menjadi judul penulisan ilmiah yang di beri judul: “Peranan Kepemimpinan Terhadap Pengaruh Perkembangan Usaha Koperasi Pasar Enjo Jakarta Timur”.
1.2 RUMUSAN MASALAH
1.2.1 Rumusan Masalah
Dalam rumusan masalah ini, ada hal-hal yang dapat diindentifikasikan sebagai berikut :
1. Seberapa jauh peranan kepemimpinan dalam koperasi Pasar Enjo terhadap anggotanya.
2. Apakah anggotanya dapat menerima keputusan yang diterapkan pemimpinannya itu.
1.2.2 Batasan Masalah
Penulis dalam hal ini membatasi permasalahan yang berkaitan dengan peranan kepemimpinan terhadap anggotanya sesuai dengan prinsip-prinsip dasar perkoperasian yang telah diterapkan di Indonesia.
Dengan kata lain masalah ini dispesifikasikan menjadi : pengertian kepemimpinan serta peranan terhadap pengaruh perkembangan usaha khususnya yang terjadi di koperasi Pasar Enjo.
1.3 TUJUAN
Tujuan dari penulisan ini adalah ingin mengetahui peranan kepemimpinan di koperasi Pasar Enjo serta keputusan yang dibuatnya dapat diterima atau ditolak oleh anggotanya.
Dengan demikian tujuan dari penulisan ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengumpulkan data atau informasi untuk keperluan agar peranan kepemimpinan itu dapat diketahui dengan jelas.
2. Untuk mengetahui dapat atau tidak diterimanya keputusan yang dibuat oleh pimpinan koperasi Pasar Enjo.
3. Untuk studi banding kepemimpinan koperasi Pasar Enjo itu, apakah sudah sesuai dengan teori yang ada.
4. Untuk memenuhi salah satu syarat Strata 1 di Universitas Gunadarma.
1.4 MANFAAT PENELITIAN
Penulisan ilmiah tentu saja memiliki manfaat dari penelitian yang dilakukan penulis yaitu manfaat akademis.
Bagi penulis itu sendiri dapat menambah pengetahuan dan wawasan, dari salah satu perkuliahan serta dapat dijadikan suatu acuan untuk mempermudahkan pemahaman terhadap penulisan ilmiah ini sehingga diperlukan penyajian yang sangat sederhana.
Diharapkan dapat dijadikan masukan oleh pihak manajemen koperasi Pasar Enjo dalam kepemimpinan terhadap perkembangan usaha koperasi pasar.
1.5 METODE PENELITIAN
Seperti pada penulisan karya tulis ilmiah pada umumnya menggunakan metode penelitian, maka dalam penyusunan ini penulis memerlukan adanya data yang relevan.
Dalam penulisan ini, metode yang digunakan adalah metode studi kasus (case study) yang bersifat deskriptif dengan tehnik pengamatan langsung di lapangan pada koperasi Pasar Enjo. Gunanya untuk menganalisa dan mengetahui peranan kepemimpinan itu terhadap anggotanya. Metode yang digunakan adalah:
A. Metode pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang dilkukan dengan cara:
1. Riset Keperpustakaan (liberery reseach)
Dalam metode ini, penulis mengumpulkan data dengan cara membaca dan mempelajari buku-buku ilmiah yang ada hubungannya dengan masalah kepemimpinan dan koperasi, media cetak koran, majalah dan lain-lain.

2. Wawancara Langsung
Untuk menambah data dalam penulisan ilmiah ini dilakukan juga dengan wawancara langsung kepada pejabat atau orang yang diberikan tugas atau pemimpin koperasi tersebut.
3. Pertanyaan (Questioner)
Penulisan ini juga ditambah dengan beberapa pertanyaan yang ingin diajukan kepada orang yang bertugas (para responden di pasar) atau pimpinan koperasi tersebut.
B. Metode analisa
Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah tehnik analisa kuantitatif, yaitu dengan perhitungan koefisien korelasi dengan parameter pendapatan hasil usaha koperasi Pasar Enjo sebagai dasar untuk mengukur peranan kepemimpinan terhadap perkembangan usaha di koperasi Pasar Enjo Jakarta Timur.
Dengan rumus koefisien korelasi sebagai berikut:
n ∑ xy – ∑ x. ∑ y

Tentang rinaa26

saya adalah mahasiswi di sebuah universitas swasta yg terletak di jakarta, saya orang nya pinter bergaul.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s